Layanan dan Jasa

LAYANAN/ JASA

Adapun layanan/ jasa yang ditawarkan antara lain:

  • TOEFL Prediction (Tes prediksi TOEFL)
  • TOEFL Preparation Course (36 & 72 jam)
  • Translation/ Penerjemahan (Abstrak desertasi, tesis, dan artikel jurnal)
  • English for Presentation at International Conferences
  • English for Writing Research Article
  • BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing)
  • Speaking (General & Specific Purposes)
  • Writing for Academic Purposes
  • E-learning
  • Kursus bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Arab, dan Sunda

TOEFL Prediction Test

TOEFL prediction test adalah medium untuk mengukur skor TOEFL seseorang. Program ini diadakan untuk melihat kemampuan seseorang dalam penguasaan bahasa Inggris terutama yang berkaitan dengan TOEFL. Hasil dari TOEFL prediction test bisa ditindaklanjuti dengan mengikuti program TOEFL Preparation Course jikalau skor tes yang didapatkan di bawah standar institusi yang mensyaratkannya.

TOEFL Preparation Course

TOEFL Preparation Course adalah program persiapan untuk mengikuti TOEFL. Program ini secara spesifik diperuntukkan bagi mereka yang awam, kurang percaya diri ataupun tidak mempunyai kemampuan ketika akan mengikuti TOEFL. Dalam TOEFL Preparation Course para pembelajar akan diberikan tips dan triks dalam mengerjakan soal-soal TOEFL secara cepat dan akurat. Sehingga, pada muaranya para pembelajar bisa mendapatkan skor TOEFL sesuai dengan standar yang dipersyaratkan. Adapun materi pelatihan meliputi tiga aspek yaitu listening comprehension, structure and written expressions, dan reading comprehension.

Translation/ Penerjemahan

Pelayanan penerjemahan dikhususkan bagi mereka yang ingin mengalihbahasakan dokumen yang berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. Secara spesifik jasa penerjemahan melayani pengalihbahasaan abstrak desertasi dan tesis serta artikel jurnal.

English for Presentation at International Conferences

English for Presentation at International Conferences adalah program yang bertujuan untuk memberikan pengayaan bahasa Inggris lisan bagi para pembelajar ketika mengikuti konferensi internasional. Hasil akhir yang diharapkan dari program ini adalah memampukan para pembelajar menggunakan bahasa Inggris lisan dengan penuh kepercayadirian ketika mempresentasikan hasil penelitiannya. Adapun ekspresi berbahasa yang diaplikasikan adalah ujaran-ujaran yang lazim digunakan dalam presentasi hasil penelitian.

English for Writing Research Article

English for Writing Research Article adalah program yang bertujuan untuk memberikan pengayaan bahasa Inggris terutama yang berhubungan dengan proses penulisan artikel penelitian. Capaian akhir yang diharapkan dari program ini adalah memampukan para pembelajar menulis artikel penelitian dalam bahasa Inggris yang biasa digunakan dalam publikasi pada jurnal-jurnal internasional.

BIPA

BIPA adalah singkatan dari bahasa Indonesia bagi penutur asing. Program ini diperuntukkan bagi para pelajar asing yang ingin lebih fasih menggunakan bahasa Indonesia. 

Speaking

Penyelenggaraan program speaking bertujuan untuk membentuk para pembelajar fasih dan percaya diri ketika menggunakan bahasa Inggris lisan. Program ini terbagi menjadi dua bagian yaitu speaking untuk tujuan umum dan speaking untuk tujuan khusus (berbicara tentang keahlian tertentu). Dalam program ini pembelajar diberikan pengayaan bagaimana caranya berbicara bahasa Inggris di depan publik dengan penuh kepercayadirian.   

Writing for Academic Purposes

Writing for academic purposes adalah program yang berhubungan dengan kemampuan menulis akademis. Tujuan akhir dari program ini adalah memampukan para pembelajar ketika menulis untuk tujuan akademis. Dalam proses pembelajarannya, para pembelajar diberikan pengayaan dan latihan menulis, seperti menulis essays atau review.

E-learning

Program e-learning adalah program pembelajaran jarak jauh yang diperuntukkan bagi pembelajar yang tidak mempunyai banyak waktu untuk melaksanakan pembelajaran secara langsung di Pusat Bahasa.

KURSUS BAHASA INGGRIS, JERMAN, PERANCIS, ARAB, DAN SUNDA 

Kursus Bahasa Inggris

Ideal bagi mereka yang ingin mempelajari bahasa Inggris dengan memfokuskan kepada empat kompetensi inti, yaitu listening, speaking, reading dan writing. Program ini terbagi atas tiga tingkat: Beginner, Intermediate, dan Advance.

Beginner

Setelah menyelesaikan level ini, para pembelajar diharapkan mampu melakukan percakapan sederhana dalam bahasa Inggris. Mereka juga diharapkan mampu membaca teks sederhana dan menulis dalam tataran kalimat.

Intermediate

Setelah menyelesaikan level ini, para pembelajar diharapkan mampu melakukan percakapan singkat, mengungkapkan opini dalam berbagai topik bahasan, membaca teks yang lebih panjang dan menulis dalam tataran paragraf. Mereka juga diharapkan memiliki kosakata yang lebih luas dibandingkan dengan kosakata yang dimiliki di level Beginner

Advanced

Setelah menyelesaikan level ini, para pembelajar diharapkan mampu untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris dengan konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Mereka juga diharapkan mampu mendiskusikan topik-topik yang berkaitan dengan keseharian mereka. Selain itu, mereka juga diharapkan mampu menulis surat dan teks naratif serta membaca teks yang lebih kompleks.

Kursus Bahasa Jerman

Program ini dirancang untuk memberikan kemampuan berbahasa Jerman secara terpadu dan mandiri, seperti: Sprachkurs A1, A2, B1, dan Sprechtraining A1, A2, B1, Schreibtraining A1, A2, B1, dan Lesetraining A1, A2, B1. Target kursus terpadu Sprachkurs A1, A2, B1 adalah, perolehan empat ketrampilan dasar berbahasa Jerman (Hören, Sprechen, Lesen, Schreiben) yang diberikan secara terintegrasi di dalam aktivitas pembelajaran. Sedangkan kursus-kursus mandiri difokuskan pada pengembangan dan pemantapan ketrampilan dasar berbahasa Jerman sesuai dengan kebutuhan pembelajar. Parameter pencapaian kemahiran berbahasa Jerman yang digunakan adalah standar Profile Deutsch-Gemeinsamer europäischer Referenzrahmen.

Kursus Bahasa Perancis

Program ini dirancang untuk memberikan kemampuan berbahasa Perancis secara terpadu, yang meliputi kemampuan membaca, berbicara, mendengar, dan tata bahasa untuk tingkat dasar dan tingkat lanjutan.

Kursus Bahasa Arab 

Program ini dirancang untuk memberikan kemampuan berbahasa Arab secara terpadu, yang meliputi kemampuan membaca, berbicara, mendengar, dan tata bahasa untuk tingkat dasar dan tingkat lanjutan.

Kursus Bahasa Sunda

Program ini dirancang untuk memberikan kemampuan berbahasa Sunda secara terpadu, yang meliputi kemampuan membaca, berbicara, mendengar, dan tata bahasa untuk tingkat dasar dan tingkat lanjutan.

STAF PENGAJAR

Tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya dibuktikan dengan kualifikasi yang dimiliki yaitu strata-satu, strata-dua, dan strata-tiga baik yang berasal dari universitas dalam negeri maupun luar negeri.

FASILITAS

Pusat Bahasa diperangkati dengan ruangan ber-AC dan peralatan multimedia yang akan membantu pembelajar dalam mengikuti proses pembelajaran secara nyaman.

JADWAL

Senin s.d. Sabtu jam 08.00 – 16.00 WIB

SEKRETARIAT

Akademik UNPAS

Telp. 022-2021440

Fax. 022-2021440

HUBUNGI KAMI

E-mail: akademik@unpas.ac.id

Website: pusat-bahasa.unpas.ac.id