Visi

Mewujudkan Pusat Bahasa Universitas Pasundan menjadi pusat pembinaan, pengkajian, pengembangan, dan pelayanan berbagai kegiatan kebahasaan dan kesastraan, baik bahasa daerah, bahasa nasional, maupun bahasa asing.

Misi

  1. Melaksanakan pembinaan pada para pemakai bahasa melalui berbagai kegiatan pelayanan bahasa, baik bahasa daerah, bahasa nasional, maupun bahasa asing.
  2. Melaksanakan pengkajian tentang bahasa dan sastra melalui kegiatan penelitian, kajian, dan forum ilmiah dalam bidang bahasa daerah, bahasa nasional, dan bahasa asing.
  3. Melaksanakan pengembangan bahasa daerah, bahasa nasional, dan bahasa asing melalui kegiatan penyusunan bahan ajar, pedoman kegiatan kebahasaan,  pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing), serta bahan kursus bahasa daerah, bahasa nasional, maupun bahasa asing.
  4. Melaksanakan pelayanan kebahasaan, baik bahasa daerah, bahasa nasional, maupun bahasa asing melalui kegiatan pelatihan, penyuluhan, konsultasi kebahasaan, Uji Kemahiran  Berbahasa Indonesia (UKBI), kursus bahasa daerah, kursus bahasa Inggris, kursus bahasa Arab,  pelayanan BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing), penerjemahan, dan penyuntingan.
  5. Menjalin kerja sama di bidang kebahasaan dan kesastraan dengan berbagai  lembaga pendidikan, nonkependidikan, pemerintah, dan swasta di tingkat nasional maupun internasional.

 

Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas para pemakai bahasa, baik bahasa daerah, bahasa nasional, maupun bahasa asing melalui berbagai kegiatan kebahasaan yang dilaksanakan.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian kebahasaan dan kesastraan, forum-forum ilmiah dengan melibatkan para akademisi dan praktisi secara internal maupun eksternal.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah melalui penyusunan berbagai referensi  kebahasaan dan kesastraan yang melibatkan para akademisi dan praktisi secara internal maupun eksternal.
  4. Meningkatkan kualitas program dan  layanan bahasa melalui kegiatan pelatihan, penyuluhan, kursus bahasa, kursus kejurnalistikan, penerjemahan, dan penyuntingan.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas jaringan kerja sama kebahasaaan dan kesastraan dengan  lembaga pendidikan, nonkependidikan, pemerintah, dan swasta, baik di tingkat nasional maupun internasional.